3.12.2011

TIPS MEMILIH JURUSAN

Pada kesempatan kali ini aku mau share ne tips untuk milih jurusan. Tips ini spesial buat sobat aku, iqbal, yang lagi semangat buat nempuh snmptn. Tips ini aku berikan sesuai dengan pengalaman dan studi pustakaku. Pustaka itu pengertiannya luas lho .... so, gag ada salahnya buat dengerin tips aku.
Oke, gag usah banyak basa basi, ne tips buat kalian.

1. Cari universitas yang punya kredibilitas tinggi. Aq kira banyak situs yang dah kasih tau kalian mana aja yang punya kredibilitas tinggi. Biasanya sih ukuran kredibilitas suatu universitas itu dinilai dari seberapa banyak risetnya yang mempengaruhi iptek, seberapa banyak profesor, prestasi civitas akademiknya, dan seberapa tinggi pengabdiannya kepada masyarakat

2. Tentuin dulu kalian minatnya ke bidang apa. Kalo suka ma yang berbau teknologi bisa masuk teknik elektro n informasi, teknik fisika, teknik mesin, ilmu komputer, dan elins ( tau elins kan, elektronika dan instrumentasi. Kalo di ugm elins ma ilmu komputer di FMIPA ). Kalo suka ma real estate pilih T.Sipil, Arsitektur, dan Perencanaan Wilayah Kota. Kalo pengen berkecimpung di dunia proses ,industri, dan pertambangan masuk T.Nuklir, T.industri, T. Perminyakan, T. Kimia, Geologi, dan Geodesi. Yang tertarik menjadi ilmuwan pilih aja di FMIPA. Ahli kesehatan ya masuk FK, FKG, dan FKM. Ahli sosial ya masuk aja ilmu sosial. NB : Dunia ini begitu luas, potensi diri juga begitu luas, apalagi kalo kalian kreatif. Jadi, jangan pernah mengecilkan tiap2 jurusan. Aku sortir jurusan diatas berdsarkan keminatan kalian. Sehingga bisa saja anak matematika MIPA kerja di pertamina karena ilmu analyticnya. Ngerti kan maksudq ?? heheeee ....

3. Sekarang
studi pustaka. Cari web masing – masing jurusan, terus kalian lihat mata kuliah apa yang akan kalian dapatkan jika ada disana. Sekali lagi saya tekankan, dunia begitu luas. Potensi diri begitu luas. Jangan terlalu cepat ambil kesimpulan “ wah,,, matkulnya gag asyk”. Buka pengetahuanmu..... googling seputar matkul itu.

4. Cari tahu apa sih prestasi jurusan yang kalian bidik itu. Kalo prestatif, berarti jurusan itu bener – bener mantep. Kompetisi yang bergengsi itu kontes robot, roket, PKM ( program kreativitas mahasiswa ) yang bermuara ke PIMNAS ( Pekan Ilmiah Nasional ), olimpiade mahasiswa, mahasiswa berprestasi, dan Kompetisi riset ilmiah.

5. Cari tahu seberapa banyak jurusan itu mendapatkan tawaran beasiswa dari perusahaan, perguruan tinggi di luar negeri, dan instansi pemerintah ( ristek misalkan ). Atau dengan kata lain, seberapa besar sih linknya ??? kalo linknya banyak, bisa simpulin sendiri lah gimana kesimpulannya .....

6. Cari tahu seberapa besar kontribusi jurusan itu untuk masyarakat. Point 4, 5, dan 6 bisa dilihat di web masing – masing.

7. Nah, sekarang studi pustakanya “tanya – tanya”. Ngerti gag ??? heheee ... gini, kalian harus cari mahasiswa yang sedang belajar ato alumni jurusan itu. Bisa kakak kelas SMA, SMP, sodara ato lainnya-lah. Yang kalian tanya bukan gimana pergaulannya,,, heheee, tapi gimana cara dosen ngajar, berapa banyak profesor disana, seberapa prestatif dosennya, dan seberapa luas n up to date pengetahuan dosen. Aku ngomong gini bukannya sok lebih pinter dari dosennya, tapi kalo dosennya mantep, insyaallah mahasiswanya juga mantep. Terus gini, jangan terpengaruh ama cerita cara ngajar dosen yang gag enak ato membosankan ato bla bla bla..... lihat dari sisi ilmunya, kadang ada dosen yang ilmunya hebat banget tapi cara nyampaikannya kurang pas. Nah, dosen kayak gini ne yang biasanya inspiratif n kharismatik. Itulah kenapa aku bilang perlu taunya kita akan prestasi dosennya. Misalkan gini, dosen A itu penemu bla bla bla.... dosen B itu teorinya dipake ama bla bla bla .... dsb. Oya, satu lagi alasan kenapa cari info dosennya up to date ato gag adalah karena ilmu itu sangat berkembang pesat. Jadi kalo dosennya up to date, misalkan ikut milis MIT, Havard, TIT, dsb, dia pasti akan memberikan pelajaran yang up to date. Tentu saja terkait dengan mata kuliahnya. Dah “dong” kan ???

8. Semua jurusan punya kelebihan dan kekurangan masing – masing. Kalian harus bener – bener cerdik membaca dan mencari tahu tentang jurusan itu. Oleh karena itu, kenapa aku saranin kalian cari tahu apa aja matkulnya.

9. Harus bener – bener buka selebar – lebarnya pengetahuan kalian. Hey hey hey ... sekarang ini abad ke-21. Jangan ampe ketinggalan informasi. Harus tahu segalanya. Apalagi teknologi jaringan berkembang pesat. Jadi dah bukan jamannya lagi berpengetahuan sempit. Kalian udah gede kan, so, Be Active !!! Be smart !!!

10. Bagi yang muslim, shalat istikhara ...... ketika kita menemukan kebimbangan, Allah akan menunjukkan sifat hudannya kepada kita.

Oya, pertanyaan yang pertama kali muncul ketika mencari jurusan adalah prospek kerjanya gimana? Bener gag ??? hihiiii ... q beritahu ya, jangan mikir itu dulu. Yang pertama kali kalian pertimbangkan adalah kalian tuh kemampuannya dimana. Kalian tuh suka dibidang apa ??? sukanya yangmana sih ??? gitu. Masalah kerja, itu nanti .... toh kalo kalian udah lulus kan ??? berdasarkan beberapa seminar tentang career orientation yang aku ikutin, semua bidang pasti punya prospek. Wes ta, percaya ma aku. Buanyak .... peluang itu pasti ada, sekarang tergantung kitanya aja kreatif gag manfaatin peluang itu. Ini aku omong buat anak yang punya cita – cita n semangat tinggi sih. Kalo yang setengah – setengah mah pergi aja jauh – jauh. Jadi pecundang aja kamu !!!!

Oke deh, itulah 10 tips dariku. Semoga bermanfaat ya kawan .... semangat buat yang mau nempuh snmptn. Aku doakan bisa masuk di tempat yang pas. Bener – bener kayak gunung merapi yang dah mantep n kokoh di tempatnya.
Terakhir, tak bosan ku sampaikan ..... “ Dunia ini begitu Luas kawan ..... potensi diri kita sangat luas .... Sekarang abad ke-21, Kalo lagi tidur , bangun, udah gitu jalan, kalo gag puas LARI !!! gapai semua pengetahuan itu ... !!! “

Assalamualaikum .....


7 comments:

Silahkan Komentar Disini